Tuesday, March 5, 2013

Makanan Mengandung Antioksidan Tinggi

Antioksidan merupakan  senyawa yang mampu menunda, memperlambat atau menghambat reaksi oksidasi pada makanan maupun obat dimana senyawa-senyawa tersebut mudah teroksidasi sehingga sel-sel lain terhindar dari radikal bebas .

Selain mencegah penuaan dini, antioksidan juga disinyalir mampu mencegah tumbuhnya sel kanker payudara pada wanita. Antioksidan seperti flavonoida, glikosida, dan polifenol juga mampu mencegah penyakit Alzheimer (penyakit pikun pada manula) dan kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi antioksidan secara berlebihan (dari makanan maupun suplemen) dapat meningkatkan risiko kerusakan hati. intinya bahwa kelebihan antioksidan juga akan berakibat tidak baik bagi kesehatan.


Berikut ini 12 makanan yang mengandung antioksidan tinggi :

1 Delima - Polifenol yang ada di dalam delima lebih efektif daripada antioksidan yang ada dalam kandungan makanan lain nya untuk memerangi radikal bebas.

 2. Berries - Blueberry peringkat lebih tinggi dibandingkan buah lainnya ketika kita membahas tentang antioksidan. Raspberry, Blackberry, Cranberry dan Strawberry juga mempunyai kandungan antioksidan yang tidak kalah tingginya serta salah satu sumber antioksidan terbaik.

 3. Kenari – Kenari peringkat kedua di antara kacang sebagai makanan dengan kandungan antioksidan yang besar.

 4. Hazelnut - Hazelnuts juga kaya antioksidan, tetapi mereka bukan kacang yang sangat populer. Pertimbangkan untuk menambahkan mereka untuk salad atau menggunakan mereka sebagai camilan. Kacang juga sehat karena lemak di dalamnya adalah lemak sehat yang membantu mencegah penyakit jantung.

 5. Kacang Merah - Kacang merah mempunyai tingkat tertinggi dalam kandungan antioksidan. Kacang kacangan merupakan makanan antioksidan terbaik di antara keluarga sayuran.

 6. Kentang - Kentang adalah sumber besar dari segala macam vitamin, dan mempunyai peringkat sangat tinggi di antara makanan antioksidan.

 7. Plum dan Prunes - Prunes yang sedikit lebih tinggi daripada antioksidan plum, hanya karena mereka kering.

 8. Teh hijau - Teh hijau mengandung polifenol dan katekin yang sangat efektif menetralisir radikal bebas tubuh. Para ahli setuju bahwa salah satu alasan bahwa orang Asia memiliki harapan hidup lebih tinggi daripada ras lain adalah konsumsi tinggi dari teh hijau.

9. Kurma - Buah ini biasanya hadir di momen puasa. Rasanya manis, bentuknya bulat atau lonjong, berwarna cokelat, kuning atau kehitaman. Buah ini kaya kandungan kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), vitamin: A, B2, dan B12, C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natrium (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Kandungan vitamin C dalam buah kurma berpesan sebagai antioksidan yang baik.

10. Kismis - Kismis terbuat dari buah anggur yang kaya kandungan antioksidan. Anda boleh mencampurkannya pada kue atau menaburkan pada oatmeal di sarapan pagi.

11. Cherry - Buah yang satu ini mengandung antioksidan. Kita biasa menemuka Cherry pada cake sebagai topping. Rasanya unik, ada asam dan campuran manisnya. Cherry kaya akan vitamin C serta mengandung betakaroten yang efektif mencegah kanker. Selain itu, kabarnya cherry juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga resiko infeksi pernafasan.

12. Anggur merah - bukanlah minuman yang memabukkan, tetapi benar-benar buah anggur merah segar yang siap untuk disantap dan dinikmati.  Anggur merah jika dikonsumsi rutin setiap hari akan membuat awet muda.  Ini karena kadar antioksidan dalam anggur sangat tinggi, dan anggur juga mengandung kalium yang mampu menghambat penuaan dini.  Nutrisi yang terkandung pada anggur adalah artaric acid, malic acid, pectin, tanin, flavone glycosides, flavanoid, resveratrol, mineral, gula, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C. Semakin gelap warna anggur maka semakin tinggi kandungan flavanoidnya. Flavanoid merupakan antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pembukuh darah dan mencegah penggumpalan trombosit.  Resveratrol berkhasiat sebagai antioksidan yang mengurangi pembentukan plak di dalam pembuluh darah arteri.  Buah anggur juga berkhasiat menjadi pencahar ringan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, penawar racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, melancarkan aliran darah, anti kanker dan memperkuat tubuh melawan penyakit, seperti fungsi hati yang buruk.
 

No comments:

Post a Comment